Bertemu Pengusaha Jepang, Menteri Susi Minta Tarif Bea Masuk Dibebaskan

Suara.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hari ini melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha asal Jepang di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Susi meminta kepada pemerintah Jepang untuk menurunkan bahkan menghapuskan tarif bea masuk produk perikanan Indonesia ke Jepang. Sebab menurut Susi, selama ini Indonesia masih dikenakan tarif bea masuk sebesar 7 persen oleh Jepang.

“Itu bukan hanya untuk pelaku bisnis asal Indonesia saja tapi untuk pelaku bisnis Jepang. Harapannya dari 7 persen itu bisa jadi nol persen,” ujar Susi.

Meski nantinya tarif masuk produk perikanan Indonesia bisa mencapai nol persen, Susi menegaskan tidak mau membarter pembebasan tarif itu dengan kebijakan perikanan berkelanjutan yang tengah dicanangkan Indonesia. Susi berharap penghapusan tarif diberikan tanpa syarat.

“Nggak ada barter, kami minta tarif nol tanpa syarat. Saya tidak ingin membarter pembebasan tarif dengan kebijakan sustainabitlity yang tengah kami lakukan. Intinya kami mau mengembangkan lebih banyak potensi bisnis Indonesia dan Jepang,” imbuh Susi.

admin
admin