Hingga Januari 2019, Aliran Modal Asing ke Indonesia Capai Rp 14,75 Triliun

Suara.com – Bank Indonesia (BI) menyatakan, aliran modal asing atau capital inflow terus masuk ke Indonesia. Masuknya capital inflow tersebut berlanjut sejak Desember 2018. Dari catatan BI, per 17 Januari 2019, aliran modal asing yang masuk ke dalam negeri mencapai Rp 14,75 triliun.

“‎Aliran modal asing terus berlanjut di Desember itu, 1,9 miliar dolar AS. Kalau di Januari ini pemantauan angka kami sampai dengan 17 Januari kemarin, secara keseluruhan inflow itu berjumlah, kalau hingga saat ini di 2019 totalnya adalah Rp 14,75 triliun,” ujar Gubernur BI , Perry Warjiyo di Kompleks perkantoran BI, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Perry menjelaskan, dana asing tersebut masuk ke sejumlah instrumen salah satunya ke Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 11,48 ‎triliun. Selain itu, dana asing juga masuk ke pasar saham sebesar Rp 3,21 triliun.

“Jadi aliran portofolio asing masuk terus berlanjut di bulan Januari sampai 17 Januari tertinggi dari SBN dan saham,” ungkap Perry.

Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) ini juga mengatakan, dengan raihan capital inflow tersebut membuktikan bahwa asing tidak ragu lagi untuk berinvestasi di Indonesia.

“Ini membuktikan bahwa kepercayaan investor global terhadap Indonesia itu cukup kuat dan tentu saja merespon berbagai kebijakan yang ditempuh BI, OJK dan pemerintah sehingga langkah kita bersama. Lalu prospek ekonomi yang lebih baik, stabilitas terjaga, termasuk defisit transaksi berjalan yang menurun,” jelasnya.

admin
admin