Jokowi Minta Pensiunan KKP Mulai Bisnis Ikan

Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaranan Aparat Sipil Negara ( ASN ) untuk memulai bisnis menjelang memasuki masa pensiun. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan di acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/1/2019).

Jokowi kemudian mencontohkan salah satu bisnis yang cocok untuk pensiunan Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) yakni memulai usaha yang ada kaitannya dengan penjualan ikan.

“Misalnya pensiunan dari kementerian kelautan dan perikanan, kan dekat dengan ikan. Oleh sebab itu, bisnisnya jangan jauh-jauh dari situ, karena ilmunya sudah kita ketahui,” kata Jokowi.

Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui tidak mudah dalam memulai dan mengembangkan bisnis. Namun Jokowi menyarankan untuk mencoba usaha yang dekat dengan keseharian saat bertugas menjadi ASN.

“Keseharian kita bergelut di situ, sehingga untuk memulai lebih mudah, dibanding, misalnya kerja dulu di KKP, bisnisnya pertanian. Ini laut sama pertanian jauh, hati-hati,” ucap dia.

Menurut Jokowi, tidak semua ASN yang sudah memasuki masa pensiun memiliki niatan untuk mengembangkan usaha. Untuk itu ia mengajak ASN yang hadir untuk tidak ragu dan mencoba.

“Saya melihat, hal yang kecil yang banyak orang tidak melihat, berjualan, ikan wader yang digoreng, tadi saya lihat di depan, kemasan baik, diberi nama, label, brand yang baik,” kata Jokowi.

admin
admin