Kepala BKPM Akui Investasi Bakal Melambat di Tahun Politik, Tapi…

Suara.com – Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM ) menargetkan investasi yang masuk baik asing dan domestik pada 2019 sebesar Rp 792,3 triliun. Nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan realisasi tahun 2018 yakni sebesar Rp 721,3 triliun.

Kepala BKPM , Thomas Trikasih Lembong menerangkan, Pemilu 2019 memang jadi tantangan investasi pada tahun ini. Ia mengakui, memang pada kontesasi pemilu investasi akan mengalami perlambatan.

“Faktor siklus ekonomi dan politik. Kalau kita lihat sejarah 15 tahun, tahun sebelum pemilu melambat,” ujar Thomas di Kantor BKPM di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (30/1/2019).

Meski begitu, mantan Menteri Perdagangan ini menyebut tidak selamanya pada tahun politik investasi melambat. Dia meyakini, setelah pemilu dan pilpres investasi bakal berbalik menjadi naik lagi.

“Saya sangat yakin memang akan membaik. Setelah pemilu pasti rebound. Jadi masih ada 7,5 bulan pasca nyoblos untuk dunia usaha recover dari perlambatan pra pemilu,” ujar dia.

Lembong menambahkan, pihaknya juga telah berkomunikasi kepada investor asing skala besar agar bisa berkomitmen menanamkan modalnya di Indonesia.

“Dari diskusi saya dengan investor global secara umum dunia investasi cukup optimis dengan pemilu 2019,” tandasnya.

admin
admin